Bagaimana sektor IoT akan berkembang selama pandemi?

Posted on

Pandemi dikatakan telah mempercepat adopsi teknologi. Salah satu jenis teknologi yang cepat digunakan saat pandemi adalah teknologi IoT. Sejak awal pandemi hingga saat ini, perkembangan IoT semakin menggembirakan.

Setidaknya ada tiga sektor yang semakin pesat adopsi IoT, yaitu kesehatan

, pertanian, dan energi. Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI), Teguh Prasetya, yang juga mengungkapkan bahwa layanan kesehatan digital berkembang pesat di masa pandemi.
Sektor kesehatan

Dalam perawatan kesehatan atau perawatan kesehatan digital melalui penggunaan teknologi IoT seperti deteksi panas dan pemantauan jarak jauh.

Seperti yang kita ketahui, thermal detection merupakan perangkat yang menggunakan teknologi IoT untuk mendeteksi suhu tubuh. Perangkat secara otomatis mendeteksi suhu tubuh banyak orang. Orang dengan kriteria suhu di atas nilai normal memicu peringatan dari sistem.

Kemudian pemantauan jarak jauh, perangkat ini digunakan untuk memantau orang-orang di keramaian

. Orang dengan kriteria tertentu, mis. B. tidak menjaga masker atau jarak aman dikenali langsung oleh perangkat IoT dan menyebabkan sistem memicu peringatan.
Sektor agrikultur

Sektor lain yang juga berkembang pesat dengan bantuan IoT adalah sektor pertanian. Pemantauan jarak jauh juga merupakan teknologi yang digunakan dalam pertanian.

Hal ini dikarenakan sulitnya secara khusus menempatkan orang di bidang pertanian, alih-alih menempatkan sensor IoT di lahan pertanian.
Sektor energi dan manufaktur

Sektor selanjutnya yang akan berhadapan dengan teknologi IoT adalah sektor energi, baik itu air, listrik maupun gas. IoT digunakan untuk memantau operasi di sektor energi.

Selain itu, IoT juga digunakan di bidang manufaktur. Manufaktur memang menjadi salah satu sektor yang paling terpukul oleh pandemi. Industri manufaktur ditutup dan produksi dihentikan. Pandemi telah mendorong pengusaha manufaktur untuk menggunakan teknologi berbasis IoT untuk tuntutan zaman.
ASIOTI terus mendorong IoT di Indonesia

ASIOTI berkomitmen untuk lebih mendorong pertumbuhan IoT di Indonesia

. Pada tahun 2020, mereka bertujuan untuk menciptakan ekosistem IoT dengan bekerja sama dengan sektor publik, swasta, akademik, dan pemerintah.

Di sektor publik, ASIOTI berupaya mengembangkan komunitas yang kreatif, produktif, dan inovatif. Mereka juga secara rutin memberikan pelatihan baik teori maupun pengalaman untuk meningkatkan keterampilan.

Di sektor swasta, ASIOTI menjalankan banyak program business matching. ASIOTI berupaya menjadi perantara yang mempercepat proses implementasi IoT di sektor swasta. Baik itu dari segi perangkat, jaringan, platform, atau bahkan solusi.

Di bidang akademik, ASIOTI melihat bahwa akademisi telah banyak berkontribusi dalam hal penelitian dan pengembangan, menciptakan pengembang konten lokal, pendidikan dan sertifikasi.

Sementara itu, ASIOTI terlibat aktif dalam pemerintah dalam menciptakan ekosistem dan mengembangkan pedoman bersama yang bermanfaat bagi ekosistem dan masyarakat dalam rangka mendukung revolusi industri 4.0.

Lihat Juga :

https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/