Pengertian Pantun

Posted on

Pengertian Pantun – Pantun yakni kidung atau puisi rakyat yang dinyanyikan.Dalam kesusastraan, pantun pertama ada dalam Peristiwa Melayu dan hikayat-hikayat terkenal yang sezaman.Kata pantun sendiri miliki asal mula yang lumayan panjang dengan padanan dari bahasa Jawa yakni kata parik yang mempunyai arti pari, maknanya paribasa atau petitih dengan bahasa Melayu.Makna ini pun bersisihan dengan misal dan seloka asal dari India.

Pantun adalah sastra lisan yang dicetak pertama oleh Haji Ibrahim Datuk Kaya Muda Riau, seorang sastrawan yang hidup sezaman dengan Raja Ali Haji.Antologi pantun yang pertama itu dengan tajuk Perhimpunan Pantun-pantun melayu. Jenis pantun adalah jenis yang sangat tahan lama. Pantun adalah satu diantara tipe puisi lama yang paling luas diketahui dalam bahasa-bahasa Nusantara.Pantun datang dari kata patuntun dengan bahasa minangkabau yang mempunyai arti “petuntun”.

Dengan bahasa Jawa, contohnya, diketahui jadi parikan, dengan bahasa sunda diketahui jadi PAPARIKAN dan dengan bahasa Batak diketahui jadi umpasa (baca: uppasa). Umumnya pantun terbagi dari empat larik (atau empat baris kalau ditulis), tiap baris terdiri dalam 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan skema a-b-a-b dan a-a-a-a (jangan a-a-b-b, atau a-b-b-a).

Susunan Pantun

pantun

Pantun di awalnya adalah sastra lisan tapi saat ini ditemui pantun yang terdaftar. Semuanya wujud pantun terbagi dari dua sisi: SAMPIRAN dan ISI. Sampiran yakni dua baris pertama, kerap berkenaan dengan alam (mencirikan budaya agraris warga partisannya), dan kebanyakan tidak miliki interaksi dengan sisi ke-2 yang memberikan niat kecuali untuk mengantar rima/sajak.Dua baris paling akhir adalah isi, yang disebut maksud dari pantun itu.

Kurun dulu pantun menduduki lokasi yang penting di kehidupan warga, terutama warga Melayu.Pantun sering digunakan di permainan kanak-kanak, dalam jalinan cinta, upacara peminangan dan pernikahan, nyanyian, dan upacara tradisi.Umumnya tiap bagian kehidupan warga Melayu dihias oleh pantun.

Pantun yaitu kreasi fiksi yang dibikin lewat beberapa unsure kemegahan pengaturan kosakata, unsure-unsur itu menyengaja dipadankan pengarang dan dibikin serupa dengan dunia yang riil komplet dengan momen-peristiwa didalamnya, yang maka dari itu Kelihatan seperti benar-benar ada dan terjadi.

Elemen berikut yang dapat mengakibatkan kreasi sastra ada, unsure intrinsic sebuah pantun yaitu elemen yang dengan cara langsung bangun sebuah narasi. Keterpaduan beberapa elemen intrinsik ini dapat jadikan sebuah pantun yang sangatlah baik. Lalu agar bisa mendatangkan pantun yang juga bagus sangatlah dibutuhkan pemrosesan bahasa. Bahasa adalah media atau alat untuk memberikan inspirasi atau pemikiran pengarang yang dapat dituangkan sebuah kreasi yakni satu diantaranya pantun itu.

Fungsi Pantun

Jadi alat pemelihara bahasa, pantun berperanan jadi penjaga kegunaan kata dan kapabilitas melindungi sistem berpikir. Pantun latih satu orang berpikir perihal pengertian kata saat sebelum Pengertian Pantun berkata. Dia latih orang berpikir asosiatif, kalau satu kata dapat miliki tautan lewat kata yang lainnya.

Dengan cara sosial pantun miliki kegunaan sosialisasi yang kuat, sampai sampai sekarang ini. Di kelompok pemuda saat ini, kapabilitas berpantun kebanyakan diakui. Pantun tunjukkan kecepatan satu orang dalam pikir dan main-main lewat kata. Namun, umumnya peranan sosial pantun adalah alat penguat pengutaraan pesan.

Tipe Pantun

pantun bisa dipisah menurut tipe dan didalamnya yakni:

  1. pantun beberapa anak,
    berdasar pada didalamnya bisa dibagi menjadi:
    a. pantun bersukacita
    b. pantun belasungkawa
    c. pantun jenaka atau pantun teka-teki
  2. pantun orang muda,
    berdasar pada didalamnya bisa dibagi menjadi:
    a. pantun dagang atau pantun nasib
    b. pantun perjumpaan
    c. pantun berkasih-kasihan
    d. pantun perpisahan
  3. pantun orangtua,
    berdasar pada didalamnya data dibagi menjadi:
    a. pantun anjuran
    b. pantun tradisi
    c. pantun agama

Kategorisasi dan Tanda-tanda Pantun

Ada sejumlah beberapa jenis pantun yang salah satunya yakni:

Berdasar pada Transisi Kehidupan Atau Umur

  • Pantun beberapa anak yakni satu diantara tipe pantun yang terkait dengan satu kehidupan waktu beberapa anak. Di pantun beberapa anak bisa mempunyai makna sebuah senang hati maupun Pengertian Pantun duka cita.
  • Pantun Orang Muda yakni satu diantara tipe pantun masih terkait dengan sebuah kehidupan waktu muda. Pantun orang muda bermakna perihal sebuah perjumpaan, cinta, hati dan seterusnya.
  • Pantun Orang Tua yakni satu diantara tipe pantun yang terkait dengan sebuah kondisi pada waktu tua, yang kebanyakan pantun ini dapat mengulas perihal sebuah kebudayaan, agama, anjuran dan seterusnya.

Berdasar pada Didalamnya

  • Pantun Jenaka yakni tipe pantun ini yang berisi perihal satu hal yang lucu dan menarik.
  • Pantun Anjuran yakni satu diantara tipe pantun yang berisi perihal satu anjuran, pantun ini miliki maksud untuk mendidik dengan memberi beberapa sebuah anjuran perihal mental, budi perkerti dan seterusnya.
  • Pantun Teki-Teki yakni satu diantara tipe pantun yang berisi perihal sebuah teka-teki dan bisanya pendengar dikasih peluang untuk menjawab dari sebuah teka-teki pantun itu.
  • Pantun Kias yakni tipe pantun ini yang berisi perihal sebuah kias yang kebanyakan miliki maksud untuk memberikan satu hal yang secara tebersit.

Simak Juga : Ciri – Ciri Peribahasa